^__^ macam-macam
jenis software akuntansi berikut dengan kelebihan dan kekurangannya ^__^
A. KRISHAND
Software
Krishand PPN 1107, Krishand Withholding Tax, Krishand PPh 21, Krishand Payroll,
Krishand General Ledger. Software Krishand PPN 1107 / Withholding Tax /
Krishand PPh 21 merupakan software database yang membantu Anda di dalam
mempersiapkan formulir-formulir pajak. Dengan menggunakan software ini,
persiapan pelaporan pajak Anda menjadi praktis dan efisien tanpa perlu
dipusingkan oleh masalah-masalah seperti salah hitung, salah ketik ataupun
kesalahan sepele lainnya. Software Krishand bukan hanya sekedar software
pelaporan pajak, tetapi memberikan nilai lebih dari itu. Banyak laporan
internal yang disediakan untuk membantu Anda menganalisa data yang telah
diinput. Untuk membantu Anda melakukan pekerjaan seminimal mungkin, software
Krishand dapat dimodifikasi untuk disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan
Anda seperti setting print out pada blanko SSP atau Faktur Pajak, impor data
penjualan untuk pembuatan Faktur Pajak secara otomatis, impor data Faktur Pajak
Keluaran maupun Masukan dari file Excel, impor data PPh untuk pembuatan Bukti
KELEBIHANNYA
:
1.
|
Cepat dan Akurat
|
Dengan software Krishand, persiapan
pelaporan pajak Anda akan terhindar dari kesalahan seperti salah ketik,
salah hitung, dsbnya, yang sering terjadi jika dilakukan secara manual..
|
|
2.
|
Praktis
|
Dapat mencetak langsung formulir pajak
(yang telah disesuaikan dengan ketentuan dari kantor pajak) tanpa harus
menggunakan blanko formulir pajak.
|
|
3.
|
Review setiap saat
|
Memungkinkan untuk mereview dan
menampilkan kembali berkas-berkas pajak yang lama tanpa harus mengutak-atik
ataupun mencari-cari arsip fisik berkas.
|
|
4.
|
Up to Date
|
Semua formulir perpajakan yang tersedia
dalam aplikasi merupakan formulir terbaru yang sesuai dengan peraturan
perpajakan terakhir.
|
|
5.
|
Membuat kerja lebih efektif, efisien dan
hemat waktu.
|
KEKURANGANNYA :
1. Tidak tahu bagaimana caranya memulai
mengembangkan OSS.
2. Model bisnis yang tidak mengikuti
pola bisnis software proprietary.
3. Kepemilikan yang tidak jelas sehingga
cenderung berlawanan ( anti-thesis ) dengan
pola IPR ( Intellectual property Right ) yang
juga sedang digalakkan oleh pemerintah
dalam penelitian yang didanai selama
ini.
4. Tidak adanya dukungan komersial.
5. Terlalu banyak variasi dari OSS.6.
6. Usabilitas yang masih kurang baik.
7. Terbatasnya sumber daya manusia,
aplikasi dan komitmen terhadap OSS.
B.
ACCURATE V3 Standard
Software akuntansi dengan modul Account Payable,
Account Receivable, Inventory, dan General Ledger yang terintegrasi. Dalam
versi Standard, kami memberikan 2 (dua) license. Artinya, 2 user/client bisa
menginput ke dalam 1 (satu) database dalam waktu yang bersamaan. Ada banyak
fitur yang tersedia di Accurate 3. Fitur besar yang terdapat di versi ini
adalah:
1. Pajak masukan di modul pembelian
(Purchase order dan Purchase Invoice)
2. Harga satuan yang termasuk pajak
(Inclusive Tax) di semua form yang ada
hubungan dengan
pajak (PPN).
3. Template untuk semua form dengan
designer yang lebih mudah dan field-field
yang lebih
lengkap
4. Ongkos kirim (Freight) untuk
modul pembelian dan penjualan
5. Sepuluh buah custom field yang
tersedia di semua form yang berhubungan dengan
item.
6. Perhitungan komisi Saleman yang
lebih lengkap.
7. Penambahan modul Rekonsiliasi
Bank.
Selain fitur-fitur besar di atas, berikut perincian
penambahan / perbaikan fitur yang telah dilakukan di versi 3:
KELEBIHANNYA
:
1.
Customer & Vendor
·
Bisa mengisi Saldo awal lebih dari 1
invoice.
2.
Purchase Order
·
Ada penambahan field Terms, dan FOB
3.
Purchase Invoice
·
Terdapat field Fiscal Rate untuk pembelian
mata uang asing dengan PPN.
4.
Receive Item
·
Tidak menjurnal ke Hutang dagang lagi,
namun ke: Barang yang belum ditagih
(Unbilled goods).
5.
Purchase Return (d/h: Debit Memo)
·
Nilai retur bisa memasukkan nilai Tax,
Freight dan Discount dari Purchase Invoice.
6.
Vendor Payment (d/h: Make Payment)
·
Setiap form ada nomor urutnya agar
mempermudah pengarsipan.
7.
Sales Order
·
Ditambahkan field Salesman
8.
Sales Invoice / Delivery Order
·
Item service dari SO bisa diproses lebih
dari 1 Sales Invoice
KEKURANGANNYA :
1. Single login. Hanya bisa login
menggunakan user supervisor.
2. Membuka database dari local PC, tidak
bisa membuka database dari lokasi remote.
3. OEM license, tidak bisa dimigrasikan
atau dipindah ke komputer lain.
4. Tidak untuk pemakaian multiple user,
tidak diperbolehkan menambah license.
5. Tidak mendapat diskon untuk major
upgrade atau trade-in.
C. K-SYSTEM INDONESIA
K-System adalah program terpadu operasional
dan akuntansi yang di design khusus untuk kondisi Indonesia. Banyak perusahaan
ingin melakukan komputerisasi karena dapat mempercepat operasional dan
mempermudah kontrol. Data cukup diisi 1x dibagian operasional, faktur dicetak
dari komputer dan proses pembukuan selanjutnya secara otomatis dikerjakan oleh
komputer. Laporan yang dibutuhkanpun tersedia setiap saat.
KELEBIHANNYA :
K-System
memberi pilihan untuk anda yang akan melakukan komputerisasi karena K-System
adalah program yang sudah baku, lengkap, teruji, integrated dan sepenuhnya
ditulis dalam bahasa Indonesia dan banyak pendukungnya. K-System berjalan di
Linux & Windows. Saat ini K-System sedang dikembangkan ke Web Based.
KEKURANGANNYA :
1. Untuk keamanan dan purna jual yang
terjamin K-System tidak dijual tetapi hanya disewakan dan biaya sewa sudah termasuk
penyesuaian program & laporan.
2. Bagi perusahaan kecil, K-System single user diberikan secara cuma2 dan
dapat pakai sepenuhnya di perusahaan, dan bagi Perusahaan menengah dan besar
K-System single user ini bisa sebagai bahan pertimbangan untuk melakukan
komputerisasi di Perusahaan.
3. Sayangnya komputerisasi bukanlan hal yang mudah. Tidak semua program
sudah lengkap, integrated, teruji dan banyak pendukungnya. Source program
juga tidak diserahkan sehingga program susah untuk disesuiakan sesuai dengan
keinginan perusahaan.
D.
SAGE ACCPAC ERP
Adalah sebuah sistem akuntansi yang dikembangkan
dengan arsitektur kelas dunia dan telah memenangkan berbagai penghargaan.
Didesain untuk memenuhi kebutuhan perusahaan baik besar maupun kecil, Sage
Accpac ERP dapat dijalankan dengan menggunakan berbagai pilihan database. Sage
Accpac ERP memenuhi kebutuhan perusahaan akan suatu aplikasi manajemen bisnis end-to-end
yang terintegrasi penuh. Sage Accpac ERP memberikan fungsionalitas kerja yang
lebih baik dengan kinerja yang tinggi dan kebebasan pilihan bagi penggunanya.
KELEBIHANNYA
:
- Efisien
dan mudah digunakan
- Kemampuan
reporting yang kompeten
- Dapat
disesuaikan dengan ukuran dan kebutuhan perusahaan. Dengan tiga edisi
(ERP100, ERP200, dan ERP500)
- Terintegrasi
penuh
- Support
Windows dan Linux
- Kombinasi
desktop base dan web base
Sage
Accpac ERP mempunyai dua modul utama yang saling terintegrasi penuh, yaitu Financial
Modules dan Operational Modules.
Modul-modul
finansial
memenuhi kebutuhan aplikasi akuntansi perusahaan. Modul-modul finansial Sage
Accpac ERP menyediakan interface yang user friendly untuk
menjalankan kegiatan akuntansi dan keuangan perusahaan dan memberikan solusi
yang utuh untuk berbagai jenis bidang usaha. Modul-modul finansial meliputi:
- General
Ledger, Accounts Payable, Accounts Receivable
Modul-modul
operasional
menyediakan suatu sistem yang user friendly untuk menjalankan kegiatan
logistik dan distribusi perusahaan sehari-hari. Modul-modul operasional
meliputi:
- Order
Entry / Sales Order, Purchase Order, Inventory Control
KEKURANGANNYA :
1. Hanya 1(satu) tipe dari database yang dapat
digunakan untuk satu waktu. Jika digunakan untuk Btrieve dan kemudian untuk
MSSQL, report sudah harus diganti.
2. Sering kali menghabiskan waktu untuk
perbaikan data.
3. Sumber data ODBC harus dikonfigurasikan
dengan tepat.
4. Masalah hubungan/connectivity kemungkinan
lebih sulit.
E.
MYOB ACCOUNTING 17
MYOB (Mind Your Own Business) Accounting
merupakan software olah data akuntansi secara terpadu (integrated software),
yaitu proses pencatatan data transaksi akuntansi dilakukan dengan cara
mengentri data transaksi melalui media formulir yang terdapat dalam command
centre, kemudian program MYOB akan memproses secara otomatis, cepat, tepat, dan
terpadu ke dalam seluruh catatan akuntansi dan berakhir dengan laporan
keuangan. MYOB Accounting dapat diterapkan pada berbagai jenis perusahaan, baik
bidang jasa, dagang (retail) maupun industri (pengolahan), dan pertanian serta
usaha-usaha yang lain.
Software ini dibuat oleh MYOB Limited Australia dan sudah dipakai di berbagai Negara, baik di Eropa, Amerika, Kanada, dan Asia. Saat ini sudah hadir MYOB Accounting versi 17. MYOB Accounting memiliki berbagai kelebihan di antaranya:
Software ini dibuat oleh MYOB Limited Australia dan sudah dipakai di berbagai Negara, baik di Eropa, Amerika, Kanada, dan Asia. Saat ini sudah hadir MYOB Accounting versi 17. MYOB Accounting memiliki berbagai kelebihan di antaranya:
KELEBIHANNYA
:
1.
User friendly (mudah digunakan), bahkan
oleh orang awam yang tidak mempunyai pengetahuan
mendasar tentang akuntansi.
2.
Tingkat keamanan yang cukup valid untuk
setiap user.
3.
Kemampuan eksplorasi semua laporan ke
program Excel tanpa melalui proses ekspor/impor file yang merepotkan.
4.
Kemampuan trash back semua laporan ke
sumber dokumen dan sumber transaksi.
5.
Dapat diaplikasikan untuk 105 jenis
perusahaan yang telah direkomendasikan.
6.
Menampilkan laporan keuangan komparasi
(perbandingan) serta menampilkan analisis laporan dalam bentuk grafik.
7.
Mudah dipahami dan digunakan, sehingga bisa
diajarkan kepada siswa SMK/SMA dan mahasiswa, maupun dipelajari oleh user
secara mandiri untuk aplikasi langsung dalam pengelolaan perusahaan.
8.
Bisa diterapkan untuk jenis usaha yang ada
di Indonesia, baik untuk skala kecil, menengah, dan besar
KEKURANGANNYA :
1.
Tidak ada module fixed assets, sehingga
apabila perusahaan memerlukan modul untuk mengelola assets yang dimiliki maka
harus membeli add on lagi
2.
Tidak ada module Intercompany Reporting,
sehingga apabila perusahaan memerlukan modul untuk membuat laporan keuangan
konsolidasi maka harus membeli add on lagi
3.
Kelemahan Multi Warehouse yang
mengakibatkan pengelolaan atas barang konsinyasi relatif sulit dikelola di
dalam MYOB.
4.
Tidak dapat digunakan untuk mengelola
perusahaan dengan multi company, artinya laporan konsolidasi tidak dapat
diharapkan dapat dibuat dengan menggunakan MYOB.
5.
database MYOB merupakan file based
sehingga kurang optimal jika digunakan untuk transaksi yang besar dan kompleks.
Isu terbaru MYOB akan menggunakan server-based untuk databasenya sehingga
optimalisasi pengolahan data lebih realistis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar