Selasa, 16 Desember 2014

Fault Tolerance, Transaction & skema dari Replication sistem terdistribusi

1.     Apa yang kalian ketahui mengenai Fault Tolerance & Data Transaction!
Fault-Tolerant


Fault-Tolerant atau graceful degradation adalah properti yang memungkinkan sebuah sistem (seringkali berbasis komputer) untuk terus beroperasi dengan benar dalam hal kegagalan (atau satu atau lebih kesalahan dalam) beberapa komponennya. Jika kualitas operasinya berkurang sama sekali, penurunan sebanding dengan tingkat keparahan dari kegagalan, dibandingkan dengan sistem naifnya dirancang di mana bahkan kegagalan kecil dapat menyebabkan kerusakan total. Fault-Tolerant sangat dicari dalam ketersediaan tinggi atau kritis kehidupan sistem.

Fault-Tolerant bukan hanya milik mesin individu, tetapi juga dapat mencirikan aturan yang mereka berinteraksi. Misalnya, Transmission Control Protocol (TCP) dirancang untuk memungkinkan diandalkan komunikasi dua arah dalam jaringan packet-switched, bahkan di hadapan link komunikasi yang tidak sempurna atau kelebihan beban. Hal ini dilakukan dengan mewajibkan endpoint komunikasi untuk mengharapkan packet loss, duplikasi, penataan kembali dan korupsi, sehingga kondisi ini tidak merusak integritas data, dan hanya mengurangi throughput dengan jumlah yang proporsional.


Data Transaksi

Adalah transakti pengiriman ( Send - Request ) ke sebuah Server-Host  dengan alamat IP / IP adress  dengan Format ( Protokol ) Server-Host tersebut dengan harapan Server-Host melakukan apa yang pengirim Inginkan dalam hal ini Server-Host atau Client.


Sebagai Contoh :   
Server - Host A atau Client mengirim sebuah data kepada Server - Host B, Pengirim menginginkan  sebuah data xxx agar di proses oleh Server-Host - B lalu memberikan informasi dsb ke pada Pengirim dalam hal ini ( Server - Host A atau Client ).
Pada contoh di atas tentu pengirim harus tahu kemana akan di kirim, yah itulah butuhnya sebuah ip address, dengan ip adress tentu data yang kita kirim akan sampai ke tujuan yang kita inginkan, pengiriman data dengan TCP/IP adalah baik,  karena dengan konsep protokol TCP/IP data yang kita kirim pasti sampai kepada tujuan yang tepat, keculi memakai protokol UDP alias broadcast

2. Buatlah skema dari Replication sistem terdistribusi (Tema Bebas!)



Konsep Dasar Replication
Replikasi adalah suatu teknik untuk melakukan copy dan pendistribusian data dan objek-objek database dari satu database ke database lain dan melaksanakan sinkronisasi antara database sehingga konsistensi data dapat terjamin. Dengan menggunakan teknik replikasi ini, data dapat didistribusikan ke lokasi yang berbeda melalui koneksi jaringan lokal maupun internet. Replikasi juga memungkinkan untuk mendukung kinerja aplikasi, penyebaran data fisik sesuai dengan penggunaannya, seperti pemrosesan transaksi online dan DSS (Desiscion Support System) atau pemrosessan database terdistribusi melalui beberapa server.

Selain itu ada yang menyebutkan bahwa Replikasi adalah proses menyalin dan memelihara objek database dalam beberapa database yang membentuk suatu sistem database terdistribusi. Replikasi dapat meningkatkan kinerja dan melindungi ketersediaan aplikasi karena data pilihan alternatif akses ada. Sebagai contoh, sebuah aplikasi biasanya dapat mengakses database lokal daripada server jauh untuk meminimalkan lalu lintas jaringan dan mencapai kinerja maksimum. Selanjutnya, aplikasi dapat terus berfungsi jika server lokal mengalami kegagalan, tetapi server lain dengan data direplikasi tetap dapat diakses.

Dengan replication dasar, replika data memberikan akses read-only ke tabel data yang berasal dari sebuah situs (master) primer.Aplikasi dapat query data dari replika data lokal untuk menghindari akses jaringan terlepas dari ketersediaan jaringan.Namun, aplikasi di seluruh sistem harus mengakses data pada situs utama ketika pembaruan diperlukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar