Senin, 16 Juni 2014

Tahapan - Tahapan dalam Pembuatan Penulisan Karya Imiah



1. Tahap Persiapan : 

Pada tahap ini saya mencoba untuk membuat konsep karya ilmiah yang berjudul “Perancangan Aplikasi Rumah Adat Sumatra Utara dan Sumatra Barat  Menggunakan Teknologi Augmented Reality  Berbasis Android”. Aplikasi ini berupa informasi sejarah, proses pembangunan, dan video mengenai tempat pariwisata yang sudah cukup terkenal yaitu Rumah Adat Sumatera Utara dan Sumatera Barat. Tujuan pembuatannya agar mempermudah pengguna yang membutuhkan informasi mengenai Rumah Adat yang ada di Sumatera Utara dan Sumatera Barat.

2. Tahap Pengumpulan Informasi :

Pada tahap ini dalam mengumpulkan informasi saya melihat di internet terlebih dahulu untuk mengetahui informasi mengenai keunikan rumah adat sumatera utara dan rumah adat sumatera barat, serta informasi mengenai lokasi,gambar, dan video mengenai rumah-rumah adat tersebut dengan metode searching dan menampilkannya dengan teknologi virtual real.

3. Tahap Penulisan :

Pada tahap ini saya harus benar-benar memperhatikan format dan kata-kata yang digunakan harus formal, tidak boleh menggunakan kata-kata yang tidak sesuai dengan KBBI. Dan pada tahap ini juga kita harus menjelaskan langkah-langkah bagaimana kita membuat karya ilmiah tersebut hingga semua orang mengerti dan bisa membuat aplikasi yang kita buat. Serta pengguna karya ilmiah kita ini bisa mengerti akan manfaat aplikasi ini.

4. Tahap Evaluasi :

Pada tahap ini saya melakukan evaluasi terhadap penulisan serta aplikasi yang telah dibuat apakah layak untuk dipublikasikan atau tidak. Pada tahap ini saya melakukan pengecekan ulang pada penulisan maupun pada aplikasi yang dibuat. Pada penulisan saya melakukan pengecekan dari kosakata yang telah dituliskan apakah terdapat kata-kata yang masih ada yang salah atau tidak. Sedangkan dari aplikasinya saya melakukan pengecekan ulang dengan mengetes aplikasi tersebut sudah sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh pengguna atau masih ada yang harus diperbaiki.


Itulah tahapan-tahapan yang harus dilewati sebelum karya ilmiah bisa di publikasikan. Setelah melalui tahapan-tahapan ini telah membuat saya belajar bagaimana sulitnya membuat atau menciptakan suatu karya, serta saya lebih bisa menghargai karya yang telah orang buat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar