Minggu, 22 Juni 2014

CONTOH KUTIPAN LANGSUNG DAN KUTIPAN TIDAK LANGSUNG

  • KUTIPAN LANGSUNG
Menurut Gorys Keraf dalam bukunya Argumentasi dan Narasi (1983:3), argumentasi adalah suatu bentuk retorika yang berusaha untuk mempengaruhi sikap dan pendapat orang lain, agar mereka itu percaya dan akhirnya bertindak sesuai dengan apa yang diinginkan oleh penulis atau pembicara.



  • KUTIPAN TIDAK LANGSUNG

Seperti dikatakan oleh Gorys Keraf (1983:3) bahwa argumentasi pada dasarnya tulisan yang bertujuan mempengaruhi keyakinan pembaca agar yakin akan pendapat penulis bahkan mau melakukan apa yang dikatakan penulis.

 

Rabu, 18 Juni 2014

PostTest 2 : Tugas masing-masing anggota tim proyek

Soal :
Jelaskan tugas masing-masing anggota tim proyek.
Jawaban :
  1. Manajer Proyek (Project Manager)
PM adalah posisi pertama yang harus diisi. Pekerjaan ini diisi ketikaproyek masih sekilas di mata orang, karena PM yang pertamamenentukan apakah sebuah proyek dapat dikerjakan atau tidak.Manajer tingkat atas menugaskan PM. Mereka mencari seseorangyang memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik. Keahliankeahlianlain yang mereka cari adalah pengetahuan tentangmanajemen proyek, kemampuan mengorganisasi, dan keahlianteknik.Kadang-kadang pekerjaan PM membutuhkan aksi yang tidak umumseperti berkata “Tidak” untuk perubahan permintaan yangmenyimpang, mengumumkan kesalahan, atau mendisiplinkanorangorang.PM harus mengetahui orang-orang yang terlibat sama sepertidalam politik, prosedur-prosedur pemakaian, dan proyek perusahaan.Keahlian yang dibutuhkan untuk pekerjaan ini adalah kepemimpinanyang luas, kemampuan bernegosiasi dan diplomasi.
  1. Pimpinan Proyek (Project Leader)
Pimpinan Proyek adalah posisi kedua yang harus diisi. Sangatlah baikjika PM memilih orang ini. Pertama, PM harus bernegosiasi denganManajer Fungsional untuk tugas-tugas PL, kemudian yakinkan PLuntuk bergabung dalam tim. PL terdaftar pada proposal karenabanyak detail proposal dikerjakan oleh PL. Pekerjaan ini sangatbersifat teknis, karenanya pilihlah ahli yang terbaik. Jangan mencariorang yang tidak mempunyai pendirian. Lebih baik mencari orangyang dapat mengingat pembuatan detail keseluruhan proyektersebut.PL juga harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik. PLakan memimpin keseluruhan wawancara dengan user dan menjadipengawas harian bagi programmer.
  1. Programmer
PM dan PL akan mulai berpikir tantang siapa yang dapat membentuktim pemrograman dan bertanya pada Manajemen Fungsional (jikadiperlukan) tentang kemampuan orang-orang ini (Programmer).Kemudian, ketika kontrak ditandatangani, mulailah mengumpulkantim programmer Anda.Pertama pilihlah Programmer dengan kemampuan pemrogramannya.Sebagai tambahan carilah keterangan tentang pengalaman mereka,tetapi bukan seseorang yang sudah melakukan hal yang samaselama 5 kali berturut-turut – orang ini akan bosan. Jika kandidattersebut tidak memiliki pengalaman yang sesuai, hal lain yang dapatdipertimbangkan adalah latar belakang tentang sistem operasi, atauhal lainnya.
  1. Programmer Ahli (The Guru Programmer)
Gaya hidup baru telah berevolusi sejak komputer ditemukan. Hal iniadalah Programmer Ahli atau “Hacker”. Orang ini bekerja secaramisterius, pada jam-jam yang aneh; suka menentang dan tidak maudiatur, hanya ingin mengerjakan tugas sesuai dengan keinginanya.Tetapi ahli dalam bidangnya, dapat membuat program tugas-tugasyang rumit 10 kali lebih cepat dari orang lain. Disarankan jika Andamemiliki orang ini, organisasikan sebuah tim dan 1 ahli ini dikelilingioleh para pemula. Hal ini akan sukses jika ahli tersebut senangmenjelaskan sesuatu kepada orang lain (seperti yang biasa merekalakukan) – para pemula akan belajar dari ahli ini.
  1. Programmer Pemula (The Junior Programmer)
Programmer pemula biasanya memiliki bakat dan mempunyaikeinginan untuk membuktikan diri mereka. Ada dua keahlian,bagaimanapun itu tidak selalu diajarkan di sekolah : komunikasitim dan komunikasi manajemen. Selalu ada kompetisi di sekolah.Bahkan pada sebuah tim proyek, para siswa tidak membantudiantara sesama mereka. Mereka mungkin tidak diajarkan untukberbagi pekerjaan kepada anggota tim yang lain. Dalam sebuahperusahaan seorang anggota tim hanya berhasil jika keseluruhan timberhasil.Bersamaan dengan itu, para siswa mungkin tidak diajarkan bahwapara manajer setiap saat harus selalu tahu apa yang sedangdikerjakan setiap orang dan bagaimana kemajuan tugas mereka. Inimungkin tidak dibutuhkan untuk sebuah tugas sekolah. Tetapi jikaanda mengajarkan Programmer Pemula untuk berkomunisasi, Andaakan memiliki anggota tim yang tidak terhingga nilainya.

PreTest 2 : Hal-hal untuk memilih anggota tim proyek

Soal :
Apa saja yang perlu diperhatikan pada saat memilih anggota tim proyek? Jelaskan.
Jawaban :
  1. Anda membutuhkan seseorang yang dapat berkomunikasi, yangmerupakan bagian dari sebuah tim, serta dapat berbagipengetahuan dan ide-ide dengan baik, tetapi juga harus maumenjalankan ide-ide tersebut.
  2. Anda membutuhkan seorang pendengar yang baik, seseorangyang akan mendengarkan pendapat orang lain dan mau mengakuijika pendapat-pendapat tersebut lebih baik.
  3. Anda membutuhkan seorang yang terorganisir. Akan banyak tugasyang harus dilakukan, setiap tugas pada waktu yang tepat.
  4. Anda tidak membutuhkan seseorang yang perfeksionis. Pilihlahseorang yang dapat bekerja pada saat deadline. Selalu ada carayang terbaik, tetapi jika hal ini berhasil sekarang, keluarkan sesuaiwaktu, dan simpan kemajuan ini untuk versi berikutnya.
  5. Anda membutuhkan seseorang yang mempunyai kemampuanteknikterbaik, seorang analitis dan logis, dengan pengalaman

Senin, 16 Juni 2014

Tahapan - Tahapan dalam Pembuatan Penulisan Karya Imiah



1. Tahap Persiapan : 

Pada tahap ini saya mencoba untuk membuat konsep karya ilmiah yang berjudul “Perancangan Aplikasi Rumah Adat Sumatra Utara dan Sumatra Barat  Menggunakan Teknologi Augmented Reality  Berbasis Android”. Aplikasi ini berupa informasi sejarah, proses pembangunan, dan video mengenai tempat pariwisata yang sudah cukup terkenal yaitu Rumah Adat Sumatera Utara dan Sumatera Barat. Tujuan pembuatannya agar mempermudah pengguna yang membutuhkan informasi mengenai Rumah Adat yang ada di Sumatera Utara dan Sumatera Barat.

2. Tahap Pengumpulan Informasi :

Pada tahap ini dalam mengumpulkan informasi saya melihat di internet terlebih dahulu untuk mengetahui informasi mengenai keunikan rumah adat sumatera utara dan rumah adat sumatera barat, serta informasi mengenai lokasi,gambar, dan video mengenai rumah-rumah adat tersebut dengan metode searching dan menampilkannya dengan teknologi virtual real.

3. Tahap Penulisan :

Pada tahap ini saya harus benar-benar memperhatikan format dan kata-kata yang digunakan harus formal, tidak boleh menggunakan kata-kata yang tidak sesuai dengan KBBI. Dan pada tahap ini juga kita harus menjelaskan langkah-langkah bagaimana kita membuat karya ilmiah tersebut hingga semua orang mengerti dan bisa membuat aplikasi yang kita buat. Serta pengguna karya ilmiah kita ini bisa mengerti akan manfaat aplikasi ini.

4. Tahap Evaluasi :

Pada tahap ini saya melakukan evaluasi terhadap penulisan serta aplikasi yang telah dibuat apakah layak untuk dipublikasikan atau tidak. Pada tahap ini saya melakukan pengecekan ulang pada penulisan maupun pada aplikasi yang dibuat. Pada penulisan saya melakukan pengecekan dari kosakata yang telah dituliskan apakah terdapat kata-kata yang masih ada yang salah atau tidak. Sedangkan dari aplikasinya saya melakukan pengecekan ulang dengan mengetes aplikasi tersebut sudah sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh pengguna atau masih ada yang harus diperbaiki.


Itulah tahapan-tahapan yang harus dilewati sebelum karya ilmiah bisa di publikasikan. Setelah melalui tahapan-tahapan ini telah membuat saya belajar bagaimana sulitnya membuat atau menciptakan suatu karya, serta saya lebih bisa menghargai karya yang telah orang buat.