Sabtu, 17 Desember 2011

Did You Know advantages and disadvantages of Wi-Fi...???

let us consider the description below..
 

Kata Wifi sudah sangat akrab terdengar di telinga kita. Di sekolah, rumah, kantor, kampus, pertokoan,  bandara dan banyak tempat lain yang kita jumpai dengan menemui Wifi Hotspot. Kalau kita membawa laptop, kita dapat mengakses internet secara nirkabel ( tanpa kabel ) lewat Wifi Hotspot tersebut. Wifi atau Wi-fi (Wireless Fidelity) merupakan sekumpulan standar yang digunakan untuk Jaringan Lokal Nirkabel (Wireless Local Area Network atau WLAN) untuk dapat saling mentransfer data antar jaringan terhubung.


Awalnya Wifi ditunjukan untuk penggunaan perangkat nirkabel dan Jaringan Area Lokal(LAN), namun saat ini lebih banyak digunakan untuk mengakses internet. Hal ini memungkinkan seseorang dengan komputer melalui kartu nirkabel (Wireless Card) atau Personal Digital Assistent (PDA) untuk terhubung dengan internet menggunakan titik akses yang sebut Hotspot terdekat. dan untuk itu disini saya akan membahas tentang Kelebihan dan Kekurangan Wi-Fi.





Kelebihan Wi-Fi

a. Kemudahan Akses, yaitu pengguna dalam satu area dapat menikmati internetan tanpa harus direptkan dengan kabel.

b. Protokol baru untuk Kualitas Layanan (WMM) dan Mekanisme Power Saving (WMM Power Save), yang membuat Wi-Fi lebih sesuai untuk aplikasi yang Latency Sensitif (seperti : Suara dan Radio) dan Perangkat Kecil berbentuk Vektor.

c. Produk Wi-Fi mudah ditemui dan harganya relatif murah.

d. Perangkat Standar Global, tidak seperti operator selular klien Wi-Fi yang sama bekerja di berbagai negara diseluruh dunia. 


e. Mudah ditemui di Tempat-tempat terdekat anda.

Kekurangan Wi-Fi

a. Penyaluran Gelombang dan keterbatasan operasional, yang tidak konsisten di seluruh dunia.

b. Konsumsi Power yang cukup tinggi, jika dibandingkan dengan beberapa standar lainnya, membuat masa pakai baterai berkurang dan panas.

c. Jaringan WiFi memiliki rentang yang terbatas. Sebuah router WiFi rumah mungkin memiliki kisaran 45m (150ft) indoor dan 90 juta (300ft) di luar rumah.

d. WiFi menggunakan spektrum 2.4GHz tanpa izin, dimana yang sering bertabrakan dengan perangkat lain seperti Bluetooth, oven microwave, telepon tanpa kabel, atau perangkat pengirim video, banyak lainnya. Hal ini dapat menyebabkan penurunan kinerja.

e. Jalur akses dapat digunakan untuk mencuri informasi pribadi dan rahasia, ditransmisikan dari konsumen WiFi.

f. Jalur akses gratis dapat digunakan oleh orang tak dikenal dan berbahaya, untuk melakukan serangan yang akan sangat sulit untuk melacak di luar jalur akses pemilik.
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar