Senin, 19 Desember 2011

"_Pembelian Barang Online"_





A. Pendahuluan
e-commerce adalah singkatan dari Electronic commerce yang bisa difenesikan sebagai teknologi penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistemelektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. e-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis
e-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.
B. Sejarah e-commerce
Pada awalnya ketika web mulai terkenal di masyarakat pada 1994, banyak jurnalis memperkirakan bahwa e-commerce akan menjadi sebuah sektor ekonomi baru. Namun, baru sekitar empat tahun kemudian protokol aman seperti HTTPS memasuki tahap matang dan banyak digunakan. Antara 1998 dan 2000 banyak bisnis di AS dan Eropa mengembangkan situs web perdagangan ini.
e-commerce pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman-web (website). Menurut Riset Forrester, perdagangan elektronik menghasilkan penjualan seharga AS$12,2 milyar pada 2003. Menurut laporan yang lain pada bulan oktober 2006 yang lalu, pendapatan ritel online yang bersifat non-travel di Amerika Serikat diramalkan akan mencapai seperempat trilyun dolar US pada tahun 2011.
C. Faktor Kesuksesan e-commerce
Dalam banyak kasus, sebuah perusahaan e-commerce bisa bertahan tidak hanya mengandalkan kekuatan produk saja, tapi dengan adanya tim manajemen yang handal, pengiriman yang tepat waktu, pelayanan yang bagus, struktur organisasi bisnis yang baik, jaringan infrastruktur dan keamanan, desain situs web yang bagus, beberapa faktor yang termasuk:
1.   Menyediakan harga kompetitif
2.   Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
3.   Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
4.   Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
5.   Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
6.   Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
7.   Mempermudah kegiatan perdagangan
D. Masalah e-commerce
1.   Penipuan dengan cara pencurian identitas dan membohongi pelanggan.
2.   Hukum yang kurang berkembang dalam bidang e-commerce ini.
E. Aplikasi Bisnis
Beberapa aplikasi umum yang berhubungan dengan e-commerce adalah:
§  E-mail dan Messaging
§  Content Management Systems
§  Dokumen, spreadsheet, database
§  Akunting dan sistem keuangan
§  Informasi pengiriman dan pemesanan
§  Pelaporan informasi dari klien dan enterprise
§  Sistem pembayaran domestik dan internasional
§  Newsgroup
§  On-line Shopping
§  Conferencing
§  Online Banking
F. Perusahaan Terkenal
Perusahaan yang terkenal dalam bidang ini antara lain: eBay, Yahoo, Amazon, Google, dan Paypal.
 
Di zaman sekarang ini menjual barang bisa dilakukan melalui internet. Berbagai macam barang bisa kita dapatkan secara online.  Kita harus bersyukur berkat internet telah terjadi revolusi di seluruh cara-cara sosial, mulai dari cara orang melakukan penelitian, interaksi hingga bisnis. Tahukah anda, saat ini telah begitu banyak beroperasi toko online atau bisa disebut dengan e-Commerce (Perdagangan Elektronik) , yang memamerkan produk mereka dalam format digital hingga melayani pelanggan yang semuanya benar-benar tanpa tatap muka secara langsung tanpa ada keraguan dari pemilik toko maupun dari segi pembeli. Hal ini akan menjadikan transaksi menjadi lebih cepat dan mudah. Tentunya membuat toko online mempunyai kelebihan dan kekurangan, diantaranya :

Kelebihan Toko Online
1. Biaya operasional penjual menjadi lebih murah karena tidak perlu mengeluarkan biaya untuk sewa tempat dan perlengkapan.
2. Lebih Efisien yaitu bisa dioperasikan dari mana saja dan kapan saja selama ada akses internet.
3. Transaksi jual beli menjadi lebih cepat.
4. Area pemasaran yang sangat luas, bisa mencapai seluruh dunia. Untuk mendukung hal ini, toko online dilengkapi dengan beberapa bahasa dunia.
5. Bersifat Private yaitu Lebih leluasa dalam berbelanja dan memilih produk tanpa diganggu orang lain.
 
Kekurangan Toko Online
1. Barang hanya bisa dilihat oleh orang yang mempunyai akses internet.
2. Diperlukan keahlian khusus untuk membuat dan mengoperasikan  toko online.
3. Harga barang menjadi lebih mahal karena akan dikenakan ongkos kirim ke tempat pembeli.
 
Namun, salah satu hal yang penting adalah keamanan saat melakukan transaksi online ini. Beberapa dari kita ada yang takut untuk membeli barang secara online, mungkin takut barang tidak sampai atau barang tidak sesuai yang diharapkan. Memang benar, kekhawatiran tersebut muncul karena kita hanya dapat melihat wujud atau fisik barang tersebut melalui sebuah foto yang diperlihatkan oleh penjual. Untuk mengatasi masalah dan kekhawatiran saat membeli barang secara online, ada beberapa tips dalam membeli barang online, yaitu :
1. Sebelum deal untuk membeli barang, pastikan Anda telah melihat wujud fisik barang tersebut. Jangan takut untuk meminta foto kondisi barang terkini dari si penjual.
2.  Minta data diri dan alamat si penjual dan pastikan bahwa semua itu benar.
3. Tanyakan tentang jaminan jika barang tidak sesuai dengan yang diharapkan atau tidak sesuai dengan yang telah diperlihatkan.
4. Cek harga terlebih dahulu dengan harga di tempat jual beli barang secara offline. Jangan tergiur dengan harga murah.
5. Mintalah untuk dikirim melalui paket pengiriman barang yang telah dipercaya masyarakat, jika si penjual menawarkan untuk menggunakan jasa pengiriman barang yang sekiranya asing dengan alasan biaya yang lebih murah, maka jangan diterima.
6. Pilihlah Layanan Jual Beli Barang yang benar-benar memberikan kepuasan pelanggan, bukan hanya sekedar tempat jual beli online.
7. Mintalah waktu pengirimanan yang cepat. Jika masih dalam lingkup satu pulau hal itu tidak akan sampai 1 minggu kecuali ada kendala di jasa pengiriman barangnya.
8. Mintalah faktur dari si penjual.
9. Mintalah jaminan, jika barang tidak sampai dalam waktu yang telah ditentukan (batas wajar) maka jaminan apa yang akan diberikan.
10. Kepercayaan adalah hal utama dari jual beli barang secara online ini.


 
Referensi :

- http://www.jakartawebhosting.com/blog/windows-technology/keuntungan-membeli-produk-secara-online/

- http://wahyupramusinto.com/kelebihan-dan-kekurangan-toko-online-beserta-contoh-cms

- http://ingin-tahu.com/tips-membeli-barang-secara-online/#.Tq_m6XKSH70
-http://wikiepedia.com
-http://google.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar