Jumat, 16 Desember 2011

Glimpse of Cloud Computing

Cloud computing (komputasi awan)


Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang Cloud  Computingyang dalam bahasa Indonesia berarti Komputasi Awan” . Menurut beberapa sumber Komputasi Awan merupakan gabungan dari pemanfaatan teknologi komputer dan  pengembangan berbasis Internet. Cloud Computing juga merupakan abstraksi dari infrastruktur kompleks yang disembunyikannya. Ia adalah suatu metoda komputasi di mana kapabilitas terkait teknologi informasi disajikan sebagai suatu layanan, sehingga pengguna dapat mengaksesnya lewat Internet tanpa mengetahui apa yang ada didalamnya, dan yang memiliki kendali terhadap infrastruktur teknologi yang 
                                                                  membantunya.

Tetapi sebenarnya tidak ada definisi yang bulat mengenai Komputasi Awan ini, bahkan beberapa pengertian masih mngundang kontroversi. Komputasi awan bukanlah sebuah teknologi, melainkan model komputasi. Dalam model ini, seluruh server, jaringan, aplikasi dan elemen-elemen lain yang terkait dengan data center disediakan oleh vendor untuk usernya lewat internet. Model ini berbeda dengan pola outsourcing lama. Pada pola alih daya lama, user bisa saja memiliki seluruh sumber daya IT, hanya saja ia tidak mengelolanya (hand over) karena diserahkan ke pihak lain. Pada komputasi awan, user masuk kelayanan infrastuktur, platform (sistem operasi), juga piranti linak yang dimiliki pihak penyedia jasa (vendor). Dengan cara ini dokumen, surat elektronik, dan data lainnya akan disimpan secara online atau istilahnya berada di awan dan bisa di akses dari PC atau Mobile Device. Cloud Computing (Komputasi Awan) terbagi menjadi tiga tipe, yaitu :

a. Infrastrcture as a Service
Vendor atau penyedia jasa memberikan klaster server, jaringan, sistem penyimpanan yang didesain menggantikan fungsi data center. Contohnya adalah Elastic Compute Cloud (EC2) dan Simple Storage milik Amazon. IBM serta vendor IT juga menyediakan jasa ini, serta telekomunikasi Verizon.

b. Platform as a Service
Vendor menyediakan virtualized server yang memungkinkan para pengguna menjalankan aplikasi yang tersedia atau mengembangkan aplikasi baru tanpa harus pusing memikirkan bagaimana perbaikan sistem operasi, server, load balacing atau kapasitas komputasi. Contoh model ini yaitu Azure milik Microsoft dan Force.com milik Salesforce.

c.  Software  as a Service (SaaS)
Merupakan model yang paling banyak dikenal dan digunakan dalam komputasi awan. Model ini memungkinkan seluruh fungsi aplikasi perangkat lunak dijalankan via web browser, bukan lagi pada aplikasi lokal yang tertancap dikomputer user. SaaS mengeliminasi kekhawatiran tentang server , media penyimpanan atau pengembangan aplikasi terkait, yang merupakan titik perhatian para pengelola Ti. Contoh ternama disini adalah Salesforce.com, Gmail dan aplikasi lain ( Doc, dsb) milik Google, instant messaging dari AOL, Yahoo. Juga VOIP dari Vonage serta Skype.




Referensi :

- Riding the Wave: Strategi Andal: Menaklukkan Industri Software Oleh Teguh S. Pamudi
- http://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi_awan  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar