Senin, 11 April 2011

MANAJEMEN UMUM


Sekilas tentang manajemen umum
“Manajemen” mungkin bukan kata yang asing lagi bagi sebagian orang. Terutama bagi seorang mahasiswa pada umumnya, karena hampir di semua jurusan terdapat istilah ini. Khususnya seperti saya yang mengambil jurusan Manajemen Informatika, sepatutnya mengerti akan kata manajemen ataupun sebaiknya banyak mengakses informasi dasar berkaitan dengan segala hal  cakupan manajemen untuk lebih menambah pengetahuan. Kelakpun setelah lulus bukan hanya memiliki keahlian sebagai programer, tetapi disini keterampilan (softkill) manajemen yang saya pelajari juga memiliki peranan. Saya bukan hanya dapat menciptakan suatu program melainkan dapat mengatur (manage) program yang telah atau akan saya buat nantinya agar sedemikian rupa dapat dipergunakan sesuai fungsi, kebutuhan dan tujuan yang akan dicapai oleh suatu organisasi.
Maka dari itu, saya sajikan artikel sederhana dari beberapa sumber, seputar manajemen umum yang menjadi bahan acuan dari bagian tugas mata kuliah softskill saya. Berikut ini;
Pengertian Manajemen (Definition of Management)
Istilah manajemen baik dalam bahasa Indonesia ataupun pendapat para ahli,memiliki beberapa definisi yang berbeda dan belum memiliki keseragaman yang kuat atas definisinya tersebut untuk dipelajari secara tetap. Dalam teorinya ada tiga pandangan utama tentang manajemen yang dapat dikelompokkan sebagai berikut :
* Pendekatan klasik , yang dikenal juga sebagai aliran manajemen ilmiah
* Pendekatan sumber daya manusia ,yaitu pendekatan pada studi manajemen tentang kebutuhan manusia .
* Pendekatan kuantitatif atau pendekatan ilmiah manajemen , yaitu pendekatan pada studi manajemen dengan menggunakan teknik-teknik matematis dalam memecahkan masalah manajemen dalam sebuah organisasi
* Pendekatan modern , pendekatan pada studi manajemen dengan pandangan sistem dan pemikiran kontingensi berdasarkan komitmen terhadap mutu dan kinerja yang tinggi.
Namun, bila kita mempelajari literatur manajemen, maka akan ditemukan bahwa istilah manajemen mengandung tiga pengertian yaitu :
1.Manajemen sebagai suatu proses,
2.Manajemen sebagai kolektifitas orang-orang yang melakukan aktifitas manajemen,
3.Manajemen sebagai suatu seni (Art) dan sebagai suatu ilmu pengetahuan (Science)

Menurut pengertian yang pertama
, yakni manajemen sebagai suatu proses, berbeda-beda     definisi yang diberikan oleh para ahli, seperti berikut ;
Dalam Encyclopedia of the Social Sience dikatakan bahwa manajemen adalah suatu proses dimana pelaksanaan suatu tujuan tertentu diselenggarakan dan diawasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar