Senin, 11 April 2011


Bahasan Seputar Studentsite

Dalam rangka menyelesaikan tugas softskill mengenai fitur laying web pada Universitas Gunadarma, berikut saya membahas salah satunya.
STUDENTSITE adalah suatu layanan online atau fasilitas berbasis web yang disediakan oleh Universitas Gunadarma terlebih diperuntukan bagi seluruh mahasiswa Universitas Gunadarma yang masih aktif. Dengan fasilitas ini, mahasiswa dapat berkolaborasi dan saling mendapatkan berbagai informasi antar civitas akademika Universitas Gunadarma, mengetahui informasi mengenai kegiatan pekuliahan, dan tugas-tugas dalam perkuliahan.
Selain itu kita dapat pula menuju link yang berhubungan langsung dengan studentsite. Karena itu layanan studentsite sangat penting dan wajib dimiki oleh setiap mahasiswa universitas Gunadarma . Segala jenis kalender akademik dan segala macam pengumuman akademik akan tertera disana bila tak diumumkan secara otentik/tertulis.
Apa saja yang bisa dilakukan mahasiswa dalam STUDENT SITE ini ?

Mahasiswa bisa membaca berita-berita terkini tentang Universitas Gunadarma yang juga dimuat di situs resmi universitas. Selain itu, segala berita akademis yang bersumber dari BAAK juga dapat dipantau dalam suatu fitur STUDENT SITE, yaitu LOCKER. Seperti halnya loker biasa yang dapat menyimpan berbagai barang pribadi pemilik, fitur LOCKER ini juga meyimpan pesan dosen (Lecture Message) yang diberikan oleh dosen dari mahasiswa yang bersangkutan, Rangkuman Nilai, Jadwal Kuliah , dan Jadwal Ujian.

Selain locker, STUDENT SITE juga memuat fitur ADDRESS BOOK yang dapat dimanfaatkan untuk mengelola alamat-alamat email kolega dari mahasiswa yang bersangkutan.

Fitur bermanfaat lainnya yang dapat digunakan adalah CALENDAR. Fitur ini memungkinkan mahasiswa mengatur jadwal hariannya selayaknya agenda. Dengan demikian, tidak ada kegiatan yang terlewatkan atau terlupakan. Mahasiswa juga dapat menyimpan dan mengelola file-file yang dimilkinya dengan fitur FILE MANAGER.

Fitur lain yang juga menjadi daya tarik dari fasilitas STUDENT SITE adalah FORUM. Mahasiswa dapat berkomunikasi dan bertukar pikiran mengenai suatu topik yang sedang hangat saat ini dengan rekan-rekan sejawatnya melalui fitur ini. Fitur lain yang satu haluan dengan fitur FORUM, adalah POLLS. Dengan fitur ini, mahasiswa bisa menjaring pendapat rekan-rekannya mengenai suatu topik, peristiwa maupun fenomena yang sedang terjadi.


Selain itu, mahasiswa juga memperoleh fasilitas email dengan kapasitas 100 MB. Fitur email ini dapat diakses dalam satu layar (window) aplikasi dengan STUDENT SITE, sehingga mahasiswa tidak perlu mengaktifkan aplikasi browser lagi untuk melihat ataupun membuat surat elektronik. Fitur ini juga menyediakan komponen yang sudah umum seperti filtering, managing folder, deleting, dan lainnya. Kapasitas yang besar juga membuat mahasiswa lebih fleksibel untuk mengatur aktivitas surat menyurat elektroniknya.

Fitur BOOKMARK adalah fitur yang harus dimanfaatkan oleh mahasiswa yang sering mencari informasi melalui internet, terutama jika memiliki situs favorit yang sering dikunjungi. Karena dengan fitur ini mahasiswa dapat menyimpan URL situs favoritnya tersebut untuk referensi di kemudian hari.

Selain itu pada bagian tersedia layanan sebagai beikut :
  • Home : layanan ini adalah halaman utama studentsite yang berisikan kalender akademik perkuliahan di universitas gunadarma.
  • www news : layanan ini berisi tentang berita-berita
  • baak news : layanan ini berisi tentang info-info terbaru tentang kegiatan perkuliahan dan pengumuman-pengumuman.
  • Lecture messages : layanan ini berisi tentang tugas-tugas yang diberikan oleh dosen softskill, dan juga informasi-informasi yang tertuju pada mahasiswa tersebut.
  • Rangkuman nilai : layanan ini berisi tentang rangkuman nilai-nilai yang diperoleh oleh mahasiswa universitas gunadarma
  • Jadwal kuliah : layanan ini berisi tentang jadwal perkuliahan.
  • Jadwal ujian : layanan ini berisi tentang jadwal-jadwal ujian.
  • Bebas perpustakaan
  • Surat keterangan
  • Informasi absensi : layanan ini berisi tentang informasi absensi
  • Pendataran lomba blog : layanan untuk mendaftarkan diri pada kompetisi lomba blog
  • Info seminar : layanan ini berisi tentang informasi adanya seminar
  • Tulisan (UG portofolio) : layanan ini berfungsi untuk menulis berbagai macam artikel atau tugas-tugas selain mata kuliah softskill
  • Tugas (UG portofolio) : layanan ini berfungsi untuk tugas-tugas mata kuliah softskill
  • Deposit library : layanan ini berfungsi untuk mengupload penulisan
  • Warta warga : layanan ini hampir mirip dengan facebook. Berisi tentang info atau obrolan warga Universitas gunadarma
  • Blog komunitas perbankan : layanan ini untuk menghubungkan ke blog komunitas perbankan
  • Blog komunitas Linux : layanan ini untuk menghubungkan ke blog komunitas linux
  • Blog komunitas fotografi : layanan ini untuk menghubungkan ke blog komunitas fotografi
  • Blog komunitas robotika : layanan ini untuk menghubungkan ke blog komunitas robotika
  • Blog komunitas arsitektur : layanan ini untuk menghubungkan ke blog komunitas arsitektur
  • Blog komunitas ekonomi syariah : layanan ini untuk menghubungkan ke blog komunitas ekonomi syariah
  • Blog komunitas pasar modal : layanan ini untuk menghubungkan ke blog komunitas pasar modal
Pada dasarnya studensite hanyalah web server seperti umumnya yang pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan,diantaranya berikut beberapa  kelebihan dari studentsite yakni :
ü  Dapat menginformasikan dengan cepat kepada seluruh mahasiswa  tentang beberapa pengumuman yang bersifat penting/mendadak
ü  Dapat mengakses beberapa halaman yang terhubung dengan website utama universitas gunadarma tanpa membuka web itu di tampilan baru
ü  Multifungsi,bisa menjadi email client,blog pribadi,atau sekedar menjadi tempat mengetahui beberapa pengumuman penting
adapun disamping kelebihannya yang sangat bagus dan penting,ada beberapa kekurangan yang juga perlu mendapat proses tindakan perbaikan diantaranya:
Ø Terlalu seringnya studentsite mati/non-aktif,yang mungkkin terjadi karena terlalu banyaknya mahasiswa yang mengakses studentsite dalam kurun waktu tertentu dalam bersamaan
Untuk menuju studensite universitas gunadarma dapat diakses melalui : 
Sekian yang dapat saya bahas kurang lebih saya harapkan kritik dan saran, terima kasih.


Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar